MRT Jakarta, Transportasi Masa Depan Indonesia !


Kereta merupakan salah satu transportasi publik yang bisa dibilang cukup efisien untuk berpergian jauh. Selain bisa menghubungkan antar kota, juga bisa menambah mobilitas dan mengurangi kemacetan sebuah kota. Beberapa negara maju seperti China dan Jepang memakai kereta sebagai sarana transportasi publik utama. Lalu bagaimana dengan Indonesia?

Indonesia sudah sejak lama mempunyai rencana untuk membangun monorel. Namun, proyek ini dibatalkan karena proses pembuatannya yang tidak rampung selama kurang lebih 10 tahun. Sebagai penggantinya, pada tahun 2013 Presiden Joko Widodo mengganti proyek monorel tersebut dengan MRT (Mass Rapid Transit) Jakarta. 

Apa itu MRT? 

MRT adalah singakatan dari Mass Rapid Transit atau bisa kita sebut dengan Angkutan Cepat Terpadu.  MRT ini mempunyai kecepatan kurang lebih 120km/jam.
Di Indonesia sendiri, MRT ini sedang dibangun di kota Jakarta oleh JakartaMRT. Proyek ini disebut - sebut sebagai Mega Proyek karena menelan anggaran hingga Rp16 Trilliun. Namun, dikabarkan bahwa dana proyek ini sama sekali tidak menggunakan APBN. Sebagian besar dana akan diperoleh dari utang negara lain terhadap Indonesia dan juga pinjaman dari JBIC (Japan Bank for International Coorperation). Lalu, bagaimana proses perkembangan Proyek MRT Jakarta ini ? Proses pembuatan mega proyek ini telah dilakukan sejak tahun 10 Oktober 2013 dan diperkirakan akan rampung pada tahun 2018. Dan juga sudah bisa di pergunakan secara masal pada awal 2019. 

Apa Latar Belakang Pembangunan MRT Jakarta?


Seperti yang kita ketahui, Jakarta merupakan ibu kota dari Indonesia yang tentunya adalah kota yang sangat sibuk. Lebih dari 9 Juta jiwa tinggal di kota padat ini. Dengan jumlah yang besar tersebut maka otomatis kemacetan akan meningkat apalagi ditambah dengan banyaknya orang yang menggunakan kendaraan pribadi. Maka dari itu, banyak sekali inovasi-inovasi yang dikembangkan pemerintah untuk mengurai kemacetan di ibu kota ini. Salah satunya adalah pembangunan mega proyek MRT ini. Pemerintah berharap nantinya transportasi-transportasi publik banyak digunakan ketimbang dengan kendaraan pribadi. 

Pembagian Stasiun dan Rute MRT Jakarta

Jalur MRT ini rencananya akan terbangun sepanjang 110.8 KM yang terbagi atas Jalur Utara - Selatan dan Jalur Barat - Timur. Sementara untuk stasiunnya dibagi menjadi 13 stasiun dengan 7 stasiun layang  dan 6 stasiun bawah tanah. 


Berikut adalah ke-13 stasiun dari MRT Jakarta :
1. Lebak Bulus (Stasiun Layang)
2. Fatmawati (Stasiun Layang)
3. Cipete Raya (Stasiun Layang)
4. Haji Nawi (Stasiun Layang)
5. Blok A (Stasiun Layang)
6. Blok M (Stasiun Layang)
7. Sisimangaraja (Stasiun Layang)
8. Bundaran Senayan (Stasiun Bawah Tanah)
9. Istora (Stasiun Bawah Tanah)
10. Benhil (Stasiun Bawah Tanah)
11. Setia Budi (Stasiun Bawah Tanah)
12. Dukuh Atas (Stasiun Bawah Tanah)
13. Bundaran HI (Stasiun Bawah Tanah)

Kereta MRT yang digunakan MRT Jakarta


Kereta yang digunakan MRT Jakarta adalah kereta produksi Jepang. Yaitu Nippon Sharyo yang bekerjasama dengan Sumitomo Corporation. Kereta MRT Jakarta ini nantinya akan mempunyai 6 gerbong dengan kecepatan maksimal 100km/jam. Dalam sehari, diperkirakan kereta ini dapat menampung mobilitas maksimal 1200 orang perwaktunya. Sistem kereta ini menggunakan  ATO (Automatic Train Operation)  dan ATP (Automatic Train Protection) sehingga tugas masinis hanya membuka tutup pintu dan menekan tombol start awal kereta. Selain itu juga, proses pemesanan tiket nantinya akan menggunakan Ticket Vending Machine loh ! Sehingga kalian nanti tidak perlu repot mengatri untuk mendapatkan tiket.

Apakah MRT Jakarta Ini Benar - Benar Akan Mengurai Kemacetan Jakarta?

Sulit mengatakan bahwa proyek ini optimis dapat mengurai kemacetan di ibu kota. MRT ini bukanlah satu - satunya proyek yang dapat menyelesaikannya. Jika memang proyek ini terealisasikan dengan baik dan sukses, tentunya harus ada juga dukungan dari masyarakat itu sendiri. Percuma saja jika kereta berteknologi tinggi tapi sepi peminat. Itu akan menjadi kerugian besar untuk proyek ini. Jadi, untuk warga ibu kota diharapkan ikut berpartisipasi dalam penggunaan transportasi ini. Sehingga kemacetan di Jakarta menjadi berkurang. 

Masih penasaran dengan proyek MRT ini ? Yuk lihat animasi berikut yang menjelaskan betapa kerennya proyek MRT ini setelah selesai. 















Sumber Artikel
KB Production
Wikipedia
jakartamrt.co.id

Masukin email kamu buat dapetin berita artikel terbaru dari blog ini!

43 Responses to "MRT Jakarta, Transportasi Masa Depan Indonesia !"

  1. Jakarta sudah darurat transportasi publik dengan ketiadaan moda-moda transportasi massal untuk mendukung mobilitas warganya. Moga-moga MRT lancar jaya dan ngga direcokin hal ngga penting, misal desain mirip jangkrik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh itu PLT Jakarta ya gan? yang ribut soal desain. Tapi menurut admin pribadi sih desainnya ga jelek-jelek amat desainnya. Bagus malahan

      Delete
  2. Moga aja cepat jalan proyek nb ya biar Jakarta tidak macet lagi tuh

    ReplyDelete
  3. Semoga cepat jadi proyek nya :D

    ReplyDelete
  4. Kalo dah jadi pengen naik MRT nih min .ahaha

    ReplyDelete
  5. yang pertama harus dipastikan menurut ane itu ialah keamanan dari kereta mrt tsb gan dikarenakan sesuai yg agan paparkan itu kecepatannya 120 km/jam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soal keamanan udah dijamin gan. Ini produk Jepang, dan di Jepang sendiri belum pernah mengalami insiden dengan kereta selama 50 tahun terakhir

      Delete
  6. Indonesia ketinggalan jauh gan. Di Singapura, MRT udah ada dari dulu. Tapi, bagus juga dah untuk mengatasi kemacetan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, semoga bisa menekan angka kemacetan

      Delete
  7. Mantab nih gan, semoga hingga keseluruh wilayah di indonesia pembangunannya

    ReplyDelete
  8. perasaan di jakarta juga udah ada kereta listrik yak.. mending maksimal in dananya buat org2 yg krg mampu. ya ngga min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, tapi MRT ini lebih cepat dan bisa menampung kapasitas orang lebih banyak

      Delete
  9. Mantap banget ini gan MRtnya. Semoga dapat mengurangi kemacetan Jakarta

    ReplyDelete
  10. wow, ini nih yg di idamkan rakyat indonesia,, thx infonya gan

    ReplyDelete
  11. semoga cepat selesai pembangunan MRT di jakarta

    ReplyDelete
  12. Wah ini mungkin bisa mengurai kemacetan di Jakarta dan memang dibutuhkan peran serta rakyat Jakarta.Dan kita bisa bercermin ke negara Jepang yang dimana kereta dapat mencegah terjadinya kemacetan dengan menggunakan kendaraan umum.

    ReplyDelete
  13. Replies
    1. Wah kalo soal harga kurang tau gan. Yang pasti gak akan terlalu mahal.

      Delete
  14. ini lah yang ditunggu tunggu masyarakat jakarta. karena bisa mengurangi kemacetan dijakarta yang sudah parah, dan waktu tempuhnya yang singkat.

    ReplyDelete
  15. semoga aja cepat terselesaikan MRT nya

    ReplyDelete
  16. Proyek keren nih gan. Kapan ya kota ane ada MRT hehe

    ReplyDelete
  17. Daerah saya dipalembang namanya LRT gan :v kereta listrik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan.. palembang kan bakalan jadi kota buat ASEAN Games 2018. Jadi mobilitas disana otomatis akan di up terus hehe

      Delete
  18. Kapan ya di kota ane ginian ya gan ? :d

    ReplyDelete
  19. Bener banget di realisasikan dengan benar dan bijak pasti bisa mengurai kemacetan dikota jakarta

    ReplyDelete
  20. Mudah mudahan gk Korupsi lagi lah Para Pejabatnya

    ReplyDelete
  21. MRT di jakarta kira kira sampai kapan selesainya? Jalurnya dari mana sampai mana nih? Semoga kalau sudah jadi gak mengecewakan.

    ReplyDelete

=> Berkomentarlah dengan Bijak.
=> Tidak diperkenankan menaruh link berbau pornografi, malware, atau yg lainnya.
=> Tidak boleh SARA ( Menyangkut masalah suku, ras, agama).
=> Tidak boleh berkata kasar.